Kamu mau Ryuugaku??

Yuk kita simak pengalaman salah seorang mahasiswa pertukaran pelajar dari UPI ke Shizuoka University!!!

Ryuugaku atau pertukaran pelajar ke Jepang merupakan pengalaman yang pastinya ingin dirasakan oleh banyak orang, khususnya para pembelajar bahasa Jepang. Sama halnya bagi Nadya Eva Pradini, seorang mahasiswi pendidikan bahasa Jepang UPI yang sudah merasakan pengalaman tersebut dari tahun 2022 sampai 2023. Nadya melaksanakan program pertukaran pelajar ke Shizuoka University.

Untuk mendapatkan kesempatan ini tentunya berbagai persyaratan harus dilengkapi, mulai dari surat rekomendasi dari kampus, surat keterangan kesehatan, Bank Statement, dan yang paling utama adalah sertifikat tingkat kemahiran bahasa Jepang minimal N3. Namun dengan motivasi yang kuat, dan mimpi yang sudah tertanam sejak masa SMP, segala persyaratan dan persiapan yang harus dijalani dapat terpenuhi dan akhirnya berkesempatan untuk menjadi mahasiswa pertukaran pelajar di Shizuoka University.

Kehidupan sebagai mahasiswa pertukaran pelajar di Jepang pun tidak selalu mudah. Bagi Nadya, beradaptasi menjadi kendala utama ketika pertama kali menginjakkan kaki di negeri sakura tersebut. Berbagai macam culture shock menjadi kesulitan yang dirasakan selama menjalankan studi di Jepang. Namun, dengan semangat yang tinggi dan kegigihannya untuk mewujudkan impiannya membuat berbagai kendala tersebut dijadikan sebagai pengalaman yang berharga, dan tidak pernah terlupakan. Selain itu, Nadya merasakan peningkatan dalam kemahiran berbahasa Jepang, karena Jepang merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi bahasanya. Kesempatan untuk berbicara bahasa Inggris pun sangat jarang maka dari itu, selama berkegiatan disana, kemampuan bahasa Jepang nya terus terlatih dan berkembang selama berkegiatan disana.

Setelah kembali ke Indonesia, Nadya kini melanjutkan kembali studinya di Universitas Pendidikan Indonesia. Berbagai pengalaman yang telah dirinya ceritakan, diharapkan menjadi sebuah motivasi baru untuk para pembelajar bahasa Jepang untuk belajar lebih giat lagi, agar mendapat pengalaman yang berharga dan mengesankan kedepannya.

Leave a comment