Bidang Non Departemen

1.Bidang Kewirausahaan

Biwir

     Biwir atau Bidang Kewirausahaan merupakan sebuah bidang internal dalam Himabaja yang berada di bawah pengawasan Zaimukan atau Bendahara. Biwir mempunyai fungsi sebagai media bagi anggota Himabaja dalam mengembangkan kemampuan berwirausaha. Selain itu Biwir juga mempunyai peran sebagai ujung tombak Himabaja dalam mencari pendanaan secara mandiri. Di dalam kegiatannya Biwir diberi kebebasan dalam mengatur konsep kegiatan dan usaha-usaha dengan tetap patuh kepada AD-ART yang berlaku.

Saat ini Bidang Kewirausahaan Himabaja mempunyai 5 orang anggota, yaitu Fauzi, Hasna, Afri, Witria dan Agita sebagai Bucho atau ketua bidang.

Program Kerja Biwir:

  1. Berjualan makanan. Kegiatan ini merupakan proker utama Biwir, dimana setiap minggunya kami akan membuat makanan dan kemudian dijual kepada mahasiswa mahasiswa di lingkungan FPBS. Selain itu, setiap hari minggu kami akan berjualan di CFD dengan sasaran masyarakat umum.
  2. Berjualan aksesoris. Melihat banyak orang yang tertarik dengan hal hal yang berhubungan dengan jepang, kami tidak hanya membatasi proker kami hanya dengan berjualan makanan saja, kami juga menjual aksesoris aksesoris bertemakan jepang seperti gelang dengan tulisan jepang atau anime, yukata dan sebagainya.
  3. Berjualan baju BEM. Proker incidental yang satu ini bertujuan untuk memfasilitasi anggota BEM Himabaja dalam mengkordinir pembuatan baju seragam BEM Himabaja.

2. Bidang Kesekretariatan

kesekreout

     Bidang kesekretariatan adalah bidang yang mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan  kesekretariatan himpunan, diantaranya, menata dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kesekretariatan himpunan, bertanggung jawab terhadap inventaris himpunan, membantu hisho dalam pengaturan surat masuk atau keluar himpunan.

Adapun program kerja bidang kesekretariatan ini, yaitu:

  1. Program kerja harian

Program kerja harian bidang kesekretariatan yaitu JUMSIH (Jum’at Bersih). Kegiatannya berupa bersih – bersih mingguan setiap hari Jum’at. Tujuannya yaitu menjadikan dan menjaga sekretariat Himabaja agar lebih bersih dan nyaman  untuk dipakai dalam melakukan berbagai kegiatan. Selain bersih – bersih ada juga kegiatan pengecekkan barang himpunan dalam skala kecil. Tujuannya agar barang – barang yang ada di kesekretariatan dapat terkontrol secara berkala.

  1. Program kerja tahunan

Program kerja tahunan bidang kesekretariatan yaitu Bedah Sekre. Kegiatannya berupa bersih – bersih, pengecekkan dan pendataan ulang barang inventaris serta menata ulang letak barang – barang yang ada di dalam sekretariat Himabaja. Tujuannya yaitu untuk menciptakan kondisi sekretariat yang rapi, bersih, nyaman dan untuk mengetahui barang-barang yang masih ada dan masih layak digunakan di  kesekretariatan Himabaja. Bedah sekre ini dilaksanakn 1x dalam 1 periode kepengurusan.

3.Bidang Kerohanian islamrohis

     Bidang Kerohanian Islam (Rohis) adalah bidang yang bertanggung jawab terhadap kegiatan kerohanian islam bagi setiap anggota Himabaja, yaitu dengan melaksanakan kegiatan organisasi yang berhubungan dengan peningkatan akhlak dan pengetahuan islam tiap anggota Himabaja seperti melaksanakan kajian yang berhubungan dengan keislaman, dan lainnya yang dikemas dalam program kerja harian dan juga tahunan. Program kerja harian yang bernama BASSIS atau Belajar Al-Qur’an dan Sharing Seputar Islam, yang bertujuan untuk menjadikan warga muslim  HIMABAJA cinta Al-Qur’an dan meningkatkan Akhlak melalui kajian serta mengamalkan ilmunya. Bassis terdiri dari 3 proker yaitu:

  1. Ta’lim, yaitu suatu program kerja yang dilaksanakan 2 minggu sekali. Didalamnya mengkaji semua hal yang berhubungan tentang islam dengan cara mendengarkan tausyiah serta sharing tentang islam.
  2. Tahsin, yaitu suatu program kerja yang dilaksanakan 1 minggu sekali. Didalamnya yaitu belajar Al-Qur’an bersama yang dipandu oleh seorang pemateri, serta mengaji bersama.
  3. Keputrian, yaitu suatu program kerja dilaksanakan 2 minggu sekali. Didalamnya mengkaji semua hal yang berhubungan tentang islam dengan cara mendengarkan tausyiah serta sharing tentang islam. Hanya saja program ini dikhususkan bagi akhwat saja.

Sedangkan program kerja tahunannya yaitu Malam Bina Iman dan Taqwa/ Mabit dan Rihlah. Kegiatannya yaitu menginap bersama dengan agenda membaca Al-qur’an, mendengarkan kajian Islam, shalat malam bersama, muhasabah dan rihlah atau bermain game bersama, dengan tujuan meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT, serta memiliki tekad Istiqamah di jalan islam, dan sebagai ajang refreshing dan silaturahmi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s