Kejepangan

Minna, shiteru?

Gambar momiji

Bulan September ini menjadi awal musim gugur loh di Jepang. Musim gugur ditandai dengan bergugurannya daun-daun dari pepohonan dan udara yang mulai lembab. Pemandangan yang akan sering kita jumpai saat musim gugur adalah banyaknya momiji dimana-mana. Momiji adalah daun yang mengalami perubahan warna menjadi kuning, oranye, atau merah.

Festival musim gugur:

1. Taiiku no hi

Hampir seluruh sekolah dan daerah di Jepang mengadakan festival olahraga setiap tahunnya. Bahkan tanggal 10 Oktober diperingati sebagai hari olahraga (taiiku no hi).

Taiiku no hi

 

 

2. Sichigosan

Pada 15 November  terdapat festival shichigosan, yaitu festival untuk merayakan kesehatan anak laki-laki usia 5 tahun serta anak perempuan 3 dan 7 tahun. Pada hari ini, anak-anak yang berusia 3, 5, dan 7 tahun pergi ke kuil Shinto untuk mengucap syukur kepada dewa.

Shichi go san

3. Tsukimi

Khusus setiap tanggal 25 September dan 23 Oktober masyarakat Jepang biasanya melihat menikmati keindahan sang rembulan dengan ditemani sake dan panganan khusus. Bahkan biasanya di setiap rumah dihiasi dengan rumput-rumput susuki. Tsukimi

 

Makanan yang menjadi ciri khas musim gugur adalah buah kesemek dan ikan sauri pasifik.

Sebenarnya masih banyak lagi festival-festival yang diselenggarakan pada musim gugur, namun kami hanya dapat menuliskannya beberapa seperti yang di atas. Semoga bermanfaat….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s