KADERISASI HIMABAJA 2017-2018

Hallo Minna~ Lama tak jumpa dengan media kreasi! Tim media kreasi kali ini akan memberikan informasi yang masih hangat loh. Ini adalah salah satu proker yang penting di Himabaja, yaitu proker Kaderiasasi. Udah gak sabar kan, yuk ah disimak~

Kaderisasi adalah proker tahunan PSDM yang bertujuan untuk mengkader mahasiswa baru dari jurusan Pendidikan bahasa jepang untuk meregenerasi kepengurusan baru di Himabaja. Kaderisasi untuk tahun 2017 ini disusun oleh, Nur Rizki Adi Jourgia (2015), Rizky Langgeng Permana (2015), Ayu Shinta Yuliani (2015), Dini Endang Kusrini (2015), dan Galvin Fikri Sabari (2016). Nah tim media kreasi telah mewawancarai salah satu penyusun kaderiasasi 2017 loh, yaitu kang Galvin.

Pelaksanaan KH 2017 ini kurang lebih selama 1 tahun ajaran, dan persiapan untuk KH nya itu sendiri sekitar 3 bulan loh menurut kang Galvin. Ada juga beberapa alur di KH ini yaitu,

  1. AME

Di alur pertama ini mahasiswa baru dikumpulkan untuk pertama kalinya agar bertemu dan berkenalan dengan teman-teman satu angkatannya, tak lupa juga senpainya.

  1. ANPAN

Alur kedua ini merupakan pengenalan departemen, dikenalkan dengan senseinya, dengan perkuliahnnya. Ada juga pematerian dari senseinya langsung.

  1. RAMUNE

Nah alur ketiga ini merupakan kegiatan untuk memilih ketua angkatan sementara sebelum memilih ketua angkatan tetap.

  1. UMAIBO

Di alur ini, maru mencoba proker-proker yang ada di himabaja, agar mereka bisa mengenal dan mencoba langsung, juga menumbuhkan minat mereka supaya nanti ketika mereka menjadi anggota Himabaja mereka sudah yakin akan masuk kemana.

  1. LDKM

Alur ini sesuai dengan namanya yaitu latihan dasar kepemimpinan mahasiswa, disini maru akan dilatih kepemimpinannya, salah satunya untuk memilih ketua angkatan tetap untuk seumur hidup loh! Di alur ini juga ada beberapa pematerian yang menarik, yaitu tentang manajemen konflik, materi tentang konsep diri, materi tentang komunikasi dan kerjasama, materi tentang debat maru, dan materi tentang sidang dan teknis sidang.

  1. PAB

Nah ini alur puncak, yaitu pengukuhan anggota baru. Ya tentu saja di alur ini akan dikukuhkan anggota-anggota baru di Himabaja.

PAB๐ŸŽ‰_180518_0019 ย  PAB๐ŸŽ‰_180518_0027PAB๐ŸŽ‰_180518_0072 ย  PAB๐ŸŽ‰_180518_0108PAB๐ŸŽ‰_180518_0117ย ย  PAB๐ŸŽ‰_180518_0121

Jadi tujuan dan manfaatnya kaderisasi itu untuk apa sih? Menurut kang Galvin, โ€œTujuannya kaderisasi untuk meregenerasi anggota himpunan. Dan kalau manfaatnya itu sebenarnya subjektif, mungkin gak semua orang merasakan langsung manfaatnya, cuman kalau menurut saya manfaatnya itu bisa kenal satu angkatan, karena kalau gak ada kaderisasi kemungkinan kenal satu angkatannya itu bakal kecil, boro-boro satu angkatan, pasti kenalnya cuman satu kelas doang.โ€ Lalu Kang Galvin juga menambahkan, โ€œterus kenal sama senpai juga, kan disuruh kenalan tuh, tapi bukan semata-mata minta tanda tangan. Kalau cuman minta tanda tangan doang tanpa perkenalan juga bisa, kan konteksnya perkenalan, jadi biar saling kenal. Untuk yang lainnya yaitu mengasah softskill, contohnya cara berfikir seorang mahasiswa, kan untuk mahasiswa baru, mereka baru keluar dari SMA, pasti pola pikirnya masih anak SMA, nah di kaderisasi ini kita menempa mereka agar bisa beradaptasi dengan kehidupan kampus, jadi mahasiswa sebenarnya. Mental mahasiswanya terutama lebih di tempa lagi.โ€

Momen paling berkesan di KH kalau untuk semuanya sih pastinya setelah PAB, soalnya kita mendapat adik-adik baru. Yeay! Selamat datang di Himabaja! Nah buat kang Galvin sendiri ternyata momen yang paling berkesan yaitu LDKM loh, ternyata alasannya adalah, โ€œkarena saya ketua pelaksananya, hehe. Setelah LDKM beres, alhamdulillah saya puas, meskipun persiapannya โ€˜mantap.โ€™โ€ Ujar kang Galvin sambil tertawa.

Oiya, sebelum ditutup ada kesan & pesan nih dari kang Galvin, โ€œkesannya alhamdulillah dengan konsep baru ini menemukan hal-hal baru, yang meskipun belum maksimal tetapi patut dicoba untuk KH yang selanjutnya, paling ada sedikit banyak yang harus diubah. Dan pesannya, semoga KH selanjutnya, lebih baik lagi. Untuk SC nya pikirkan lagi baik buruknya seperti apa, jangan takut untuk mengambil keputusan karena kalian adalah yang memimpinnya.โ€ Dan yang terakhir dari kang Galvin adalah, โ€œPanitia KH 2017-2018 GG.โ€

Wah sepertinya menarik ya kegiatan KH ini, yang pastinya akan menambah pengalaman baru yang seruu~ Semoga kegiatan kaderisasi himbaja selanjutnya lebih baik lagi~ ^^ Nah sekian dulu dari tim media kreasi! Sampai jumpa lagi, Minna! ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s