Enoshima dan Sapporo

Halo Minna! Ketemu lagi nih sama tim media kreasi. Udah lama ya gak ketemu sama kita. Pasti udah pada kangen kan, hehe. Nah kali ini tim media kreasi akan memberikan informasi yang pastinya menarik loh! Ayo disimak jangan sampai ketinggalan! ^^

Enoshima, Pulau Mungil Berjuta Pesona

Enoshima adalah pulau kecil dengan diameter 4 km dengan kontur permukaan yang berbukit-bukit. Pulau Enoshima terkenal sebagai lokasi wisata sejak Era Edo. Kini Pulau Enoshima tidak hanya menjaga tradisinya sebagai pusat wisata dan kuliner, namun juga tempat memancing ikan dan berselancar yang paling dekat dengan Tokyo.

100_1026

Batu ukir dengan tulisan kanji sebagai ucapan selamat datang ini menjadi ikon pulau Enoshima.

Beberapa tempat wisata menarik di Enoshima diantaranya :

  1. Enoshima Yacht Harbor

12-koda-57aec0cf8423bd2911d26fbc

Lokasi yang direkomendasikan bagi yang hobi memancing. Pemandangan samudera biru dengan mercusuar putih dan pulau Honshu (pulau utama Jepang) sebagai latar belakang adalah sesuatu yang dapat memanjakan mata bagi yang ingin sekedar bersantai sambil memakan jajanan pinggir jalan.

  1. Enoshima Sea Candle

enoshima_view_20160622_19

Di puncak observatorium terdapat sebuah mercusuar yang bernama Enoshima Sea Candle. Anda bisa menuju puncak mercusuar dengan menggunakan elevator.
Dari puncak mercusuar yang lantainya terbuat dari kayu ini, Anda bisa menikmasti pemandangan secara 360° ke segala arah. Melihat Enoshima di menara dengan ketinggian 110 meter dari permukaan laut ini menjadi satu pengalaman yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Enoshima Bentenbashi

enoshima_view_20160622_02

Jembatan sepanjang 390 meter yang menghubungkan Kota Fujisawa dengan Pulau Enoshima ini dikhususkan untuk pejalan kaki. Yang unik adalah pengunjung bisa berjalan kaki di jalur bawah jembatan yang terbentuk saat air laut sedang surut. Dari jembatan ini pengunjung juga dapat melihat keseluruhan pulau Enoshima.

  1. Enoshima Suizokukan

a0000130_parts_57b532025019a

Akuarium Enoshima adalah destinasi wisata yang sangat populer di Enoshima. Dibuka pada tahun 2004, namun fasilitas itu sendiri telah ada dari tahun 1954.
Salah satu pameran yang populer di Akuarium Enoshima adalah “Aula Fantasi Ubur-Ubur”. Di tempat ini ada ubur-ubur yang indah yang dapat dilihat dengan lampu di ruang lingkup tangki air di mana ubur-ubur dipamerkan.
Selain pameran, ada pula pertunjukan lumba-lumba dan singa laut yang tak kalah menarik.

 

Sapporo, Kota Semua Musim

 

Sapporo adalah sebuah kota yang terletak di bagian selatan Hokkaido. Sekitar 30% penduduk Hokkaido tinggal di kota ini.

Curah salju di Sapporo sangat tinggi, rata-rata salju turun selama sepertiga tahun. Di sisi lain, suhu udara pada musim panas termasuk cukup sejuk dengan suhu rata-rata 25 derajat celcius selama bulan Agustus, yang menjadikan Sapporo sebagai tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi selama bulan-bulan musim panas.

Sapporo telah menjadi pusat kota Hokkaido sejak tahun 1869. Pada masa itu, Hokkaido adalah sebuah wilayah yang dikenal dengan sebutan “Ezo”, tempat suku Ainu tinggal sebagai pemburu dan peramu. Nama Sapporo berasal dari bahasa Ainu: diperkirakan merupakan perpaduan antara kata “sat poro pet” yang artinya “sungai besar yang kering” atau merupakan perpaduan antara kata “sari poro pet” yang artinya “Hamparan alang-alang merupakan sungai yang luas.”

Ketika era Meiji (1868-1912) bermula, pemerintah yang baru mengubah nama Ezo menjadi Hokkaido, dan mulai mengembangkan Sapporo sebagai pusat wilayah di pulau tersebut. Anda dapat mempelajari sejarah berdiri dan berkembangnya Hokkaido di Museum Hokkaido Kaitaku-no-mura.

Hal-Hal yang Dapat Dilakukan di Sapporo

  1. Bermain Ski Es di Resort Ski Sapporo Teine

Bermain-ski-es-di-Sapporo-di-Hokkaido

Hokkaido terkenal dengan hujan saljunya yang lebat. Akibatnya, salju akan sangat empuk dan enak untuk bermain ski es. Salah satu tempat bermain ski es yang paling terkenal adalah Sapporo Teine. Ski resort ini terletak di Gunung Teine yang jaraknya sekitar 40 menit dari Sapporo menggunakan mobil. Dengan trek bermain ski lebih dari 6 kilometer, kita bisa bermain ski dan berseluncur sembari melihat panorama indah Gunung Teine. Tenang saja, Sapporo Teine memiliki trek khusus bagi pemula atau bagi kamu yang hanya ingin bermain dan mencoba ski.

  1. Melihat Pemandangan Malam Kota Sapporo

Pemandangan-malam-Sapporo-di-Hokkaido

Kita bisa pergi ke tempat observasi Gunung Okurayama untuk melihat pemandangan malam. Bisa juga dari puncak Gunung Moiwa atau Menara Observasi JR di lantai 38 kota Sapporo. Menara observasi buka dari jam 10 siang hingga 11 malam, sehingga kita dapat puas melihat pemandangan malam kota Sapporo. Biaya masuk menara observasi JR ini 720 yen untuk dewasa dan 300-500 yen untuk anak-anak. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan pemandangan malam kota Sapporo, ya!

  1. Mengunjungi Taman-Taman Kota Sapporo di Hokkaido

Takino-Suzuran-Sapporo-di-Hokkaido

Kita bisa pergi ke taman-taman nasional dengan pemandangan super sepoerti Taman Odori, Taman Nasional Takino Suzuran Hillside, Taman Peringatan Asahiyama Kinen Kouen, Taman Nakajima, dan taman-taman lainnya. Di sini selain menikmati kesegaran udara Hokkaido, kita dapat melihat keindahan bunga-bunga tiap musimnya. Di Taman Odori inilah sering digelar festival-festival misalnya Festival Kembang Api Toyohira di musim panas, Festival Salju, atau Sapporo Yuki Matsuri.

  1. Melihat Bunga Sakura di Taman Maruyama

Bunga-sakura-di-Taman-Maruyama

Taman Maruyama berada di sebelah barat kota Sapporo di kaki Gunung Maruyama. Taman seluas 60 ribu meter persegi ini adalah taman kota Sapporo yang dipenuhi oleh pohon-pohon yang lebat. Di musim semi sekitar awal bulan Mei, masyarakat datang ke Taman Maruyama untuk melihat keindahan bunga sakura yang tersebar di seluruh taman. Di area Taman Maruyama, teman-teman juga bisa mengunjungi Kebun Binatang Maruyama atau berdoa di Kuil Hokkaido yang tenang.

  1. Pergi ke Pabriik Cokelat Shiroikoibito

hok-373

Siapa yang tidak tahu Shiroikoibito, oleh-oleh kue terkenal dari Hokkaido? Jika teman-teman pergi ke Sapporo, jangan lupa untuk berkunjung ke Pabrik Cokelat Shiroikoibito. Di sini kita bisa menyantap beraneka ragam cokelat dan juga membuat sendiri cokelat Shiroikoibito. Asyik  bukan?

Sumber :
https://www.japanhoppers.com/id/kanto/shonan/kanko/211/
https://matcha-jp.com/id/2018
https://www.kompasiana.com/m.rezazaini/dua-permata-tokyo-bagi-pengunjung-indonesia-enoshima-dan-kouda_57aec55b8423bd4a10d26fd3
https://www.infojepang.net/sapporo-di-hokkaido/
https://www.japanhoppers.com/id/hokkaido/sapporo/

Disusun oleh :

Kelompok 5 KH 2017
455716
Ahmad Sechan Al Farisi
Andhika Wildan Rabbani
Astri Aulia D
Hasbi Alfatah
Muhammad Darin Akbar Rosyadi
Muhammad Ilham Dwi Hartono
Nadiya Nurhamidah Hidayat
Nurul Fauziyah Dewi Hafsari
Vania Ardyna Sudarmadi
Tona Martua

Gimana artikel kali ini? Menarik kan pastinya? Nah ini juga merupakan salah satu karya angkatan 2017 yang menjadi juara 1 di proker Soskom bersama maru kloter terakhir! Nah dengan ini, semua karya angkatan 2017 yang menjadi juara 1 di proker Soskom bersama maru telah di posting semua! Sudah dicek semua postingannya belum? Kuy ah kalau belum dicek dulu! ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s