Koinobori

Hallo Minna! Kali ini tim media kreasi akan memposting sesuatu tentang Jepang. Yaps, seperti judulnya yaitu ‘koinobori’!! Eh koinobori itu apa ya? Yuk ah simak lebih lanjut biar ga penasaran~ ^^

Koinobori
Berkibar di Langit Jepang Menyambut “Kodomo no Hi”

maxresdefault

       Setiap tanggal 5 Mei, masyarakat di seluruh prefektur Jepang merayakan Kodomo no Hi atau Hari Anak dengan mengibarkan koinobori. Hembusan angin musim semi membuat koinobori dengan aneka warna semakin terlihat indah berkibar menghiasi langit Negeri Sakura.

Koinobori merupakan bendera berbentuk ikan koi yang dipasang di tiang panjang atau digantung pada seutas tali. Secara harfiah, koinobori artinya adalah ikan yang memanjat.

Festival Koinobori biasa diadakan sepekan atau dua pekan menjelang tanggal 5 mei untuk menyambut hari anak di Jepang. Di Jepang sendiri hari anak merupakan hari libur nasional. Meskipun dirayakan sebagai “Hari Anak”, namun sejatinya kegiatan ini lebih dikhususkan untuk anak laki-laki.

Pada Festival tersebut, keluarga yang memiliki anak laki-laki mengibarkan koinobori di halaman rumah masing-masing. Koinobori yang tertiup angin akan menggelembung, perlambang si anak akan tumbuh kuat, sehat, dan sukses dalam hidupnya. Ikan Koi dipakai sebagai hari anak karena Ikan Koi adalah ikan yang kuat dan bertenaga bisa melompat melawan arus dan jeram sungai.

Selain di halaman rumah, Koinobori juga bisa dikibarkan di ketinggian gedung-gedung, di atas sungai, di atas pohon, bahkan di area pegunungan. Tentu hal ini menjadi pemandangan yang indah di langit Jepang.

Berdasarkan sejarahnya, perayaan ini secara rutin dimulai di era Edo oleh karangan samurai yang mengibarkan koinobori serta memajang peralatan bela diri seperti yoroi, kabut, dan boneka samurai. Hal ini dimaksud agar anak laki-laki mereka tumbuh sehat dan sukses. Kebiasaan ini pun akhirnya populer di kalangan rakyat biasa di Jepang.         koi-3

Dalam satu tiang koinobori, biasanya terdapat bola naga, gambar ikan koi berwarna-warni dan hiasan lain. Bola naga atau ryudama adalah benda yang dipasang di ujung tiang bagian atas. Sementara roda berjari anak panah atau yagurama diletakan di bawah ryudama. Kedua benda tersebut dipercaya memiliki kemampuan mengusir roh jahat.

Lalu di bawahnya ada fukiganashi yaitu sarung tangan dengan 5 jenis warna (biru, merah, kuning, hijau, dan putih) yang dipercaya dapat menangkal segala macam penyakit. Selanjutnya terdapat koinobori berwarna hitam yang melambangkan ayah, koinobori merah melambangkan ibu, koinobori biru melambangkan putra sulung, koinobori hijau melambangkan putra kedua. Ukuran koinobori semakin ke bawah semakin mengecil.

ssd   maxresdefault

Ada beberapa tempat perayaan koinobori yang terkenal, seperti kawasan Sungai Sagamihara, Sungai Tsuetategawa, Kazo di Prefektur Saitama, Tatebayashi di Prefektur Gunma, dan Tokyo Tower. Di sepanjang Sungai Tsuetategawa sebanyak 3.000 koinobri terbentang pada tali sepanjang 800 m yang terbentangkan pada ujung jembatan di sungai tersebut. Di Kazo yang merupakan kota pusat kerajinan koinobori sejak sebelum Perang Dunia II, selalu dikibarkan koinobori raksasa sepanjang 100 m dan berat 600 kg pada bulan Mei. Sementara di Tatebayashi pernah tercatat rekor Guinness sebagai pengibar koinobori terbanyak di dunia yaitu 5.283 pada 2005. Dan di Tokyo tepatnya di Tokyo Tower, selalu dikibarkan 1 buah sanma (koi besar) dan 333 koinobori sebagai lambang tinggi Tokyo Tower yaitu 333 m.

Sampai saat ini, Festival Koinobori masih menjadi perayaan tahunan yang meriah Di Negeri Matahari Terbit dan merupakan salah satu festival yang dinanti-nantikan oleh wisatawan asing. Selain itu, bendera koinobori kerap menjadi cenderamata yang menarik.

koinobori1  carp-streamer-koinobori10-800x600

Sumber:

Disusun oleh :
Kelompok Kyuubi (9) KH 2017
397102
-Reyza viali s
-Rudi virana
-Diffa trie budiarti
-Firas afzal ramadin
-Sinta nur amalia
-Ekawati
-Putri ramadhan
-Siti nurjanah
-Achmad zalba lalana
-Lorista enjelika sigalingging

Nah postingan kali ini tuh spesial disusun oleh angkatan 2017 loh, mading karya mereka ini menjadi juara 1 di kloter kedua proker Soskom bersama maru! Wow keren ya!
Okedeh, sekian dulu postingan kali ini~ ^^ (ssstt, masih ada kloter terakhir loh~) Nantikan postingannya ya! dadahh~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s