Registrasi Mahasiswa Baru 2017

Konnichiwa minna-san, cie cie yang udah masuk semester baru. Gimana nih liburannya??? Pasti seru dong ya, oiya minna sekarang kita punya adik-adik tingkat baru lho. yuhu~~ Selamat buat kalian para mahasiswa baru Departemen Pendidikan Bahasa Jepang!!! Yeayy!

kita mau berbagi cerita tentang registrasi mahasiswa baru nih, check it out..

Bandung, 2017

Hari itu, setelah dinyatakan lolos  seleksi SNMPT, SBMPTN dan ujian mandiri para mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia melakukan tahap registrasi. Registrasi dilakukan secara tiga gelombang. Gelombang pertama, registrasi untuk para mahasiswa baru yang lolos melalui jalur undangan atau yang biasa disebut dengan jalur SNMPTN. Setelahnya, registrasi untuk para mahasiswa yang lolos jalur SBMPTN. Dan terakhir, registrasi mahasiswa baru yang lolos dengan jalur mandiri atau SM.

Para mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah datang memenuhi gedung BAAK Universitas Pendidikan Indonesia untuk melakukan registrasi. Beberapa diantara mereka ada yang diantar oleh orangtuanya dan ada juga yang datang hanya dengan teman Satu sekolah. Usai registrasi dilakukan, mahasiswa baru disambut oleh para panitia registrasi mahasiswa baru yang tak lain adalah kakak tingkat mereka sendiri  untuk kemudian melakukan pendataan mahasiswa di jurusan masing-masing. Berbagai cara dilakukan oleh para panitia untuk menyambut mahasiswa baru. Keramaian pun terjadi di belakang gedung BAAK yang disebabkan oleh antusiasme  para panitia dalam menyambut mahasiswa barunya.

rmb1

Tak hanya itu, mahasiswa baru atau yang biasa disebut maru pun diajak berkeliling dari pos satu ke pos-pos berikutnya untuk melakukan serangkaian kegiatan yang sudah disiapkan para panitia registrasi mahasiswa baru. Di pos satu, para maru disambut meriah oleh para panitia. Setelahnya, maru diajak menuju ke pos berikutnya untuk melakukan tes baca Al-Qur’an (bagi yang muslim), dan berfoto dengan memakai yukata. Di pos tiga dan empat  maru melakukan pendataan dan juga diperkenalkan dengan organisasi yang ada di lingkukan kampus. Meski merasa lelah, baik panitia maupun maru nampak tetap bersemagat dalam menjalankan serangkaian acara tersebut.

rmb3

Begitulah kira-kira gambaran  yang terjadi saat registrasi berlangsung. Eh kenalan dulu yuk sama ketua pelaksana RMB Pendidikan Bahasa Jepang 2017!

dsc09373.jpg

Nama : Andi Nur Ramdani
Angkatan : 2015
Bidang : Soskom

Berikut pernyataan kang Andi (2015) selaku ketua pelaksana registrasi mahasiswa baru mengenai kesan dan pesan selama registrasi berlangsung.

Bagaimana kesan menjadi ketua pelaksana registrasi mahasiswa baru?

“kalau ditanya soal kesan nya sih, ya seneng-seneng aja. soalnya di RMB (Registrasi Mahasiswa Baru) ini seru-seruan, selain bisa ketemu adik-adik baru,sekalian ketemu temen-temen jurusan lain juga. Mantap deh wkwk.”

Apa keluh kesah selama pelaksanaan RMB?

“keluh kesah mah, paling kurangnya panitia menjadi keluhan yang terdalam mah. Ya mau gimana lagi sih soalnya pas hari libur waktu itu”

Hal tersulit apa yang dialami selama RMB?

“yang tersulit mah saat data maru nya belum dapet, jadi membuat kita pusing berapa maru yang harus dijemput disitu, udah bolak-balik fakultas dan BAAK masih belum ada juga. dan akhirnya yang kedata emang maru nya Cuma 1”

Apa pesan untuk ketua pelaksana selanjutnya?

“pesannya sih, tambah lagi panitia yang ikut nya supaya kerjaannya enteng, kalo bisa lebih deket lagi antar jurusan yang ada di fakultas. Biar rame, kompak pas penyambutan maru nya. Buatlah suasana yang menyenangkan buat kita semua wkwk”

Sekali lagi, selamat untuk para mahasiswa baru Departemen Pendidikan Bahasa Jepang. Dan juga tetap semangat untuk para mahasiswa tingkat atas, semangat untuk semester baru nya!!!!

rmb2

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s